Sabtu, 23 Januari 2016

Tips merawat scooter (Vespa) kesayangan Anda

Tips Ringan Untuk Si Vespa Kesayangan Anda

1. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi
Pastikan Anda menggunakan bahan bakar bensin yang masuk dalam kategori oktan tinggi, seperti Pertamax (Pertamina) atau Shell super untuk motor Vespa tua kesayangan Anda.

2. Gunakan oli samping berkualitas tinggi
Sama seperti bahan bakarnya, oli samping untuk Vespa tua juga dianjurkan untuk menggunakan yang berkualitas (bahan aditif) tinggi. Untuk memilih oli samping berkualitas bagus dan no bajakan sebaiknya anda bertanya kepada montir langganan dan mengecek botol oli samping yg anda akan beli untuk vespa kesayangan anda.

3. Ganti oli mesin 1 bulan sekali
Sejatinya oli mesin Vespa dianjurkan untuk diganti 1 bulan sekali. Baik untuk kinerja mesin anda agar lebih halus.

4. Merawat Busi
Inilah komponen yang paling sering bermasalah pada motor Vespa tua. Gonta-ganti busi bakal jadi makanan Anda sehari-hari jika Anda tidak memperhatikan komponen ini dengan baik.
Ada beberapa penyebab kenapa busi Vespa sering bermasalah:
1. Kerak busi
Kenapa ada kerak ? Biasanya kerak busi disebabkan oleh kesalahan dalam memilih oli samping dan kombinasi bahan bakar yang kurang tepat. Ingat Vespa itu kendaraan 2 tak, jadi bensin yang dibakarnya mengandung banyak oli. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya Anda rajin memeriksa keadaan busi anda.
2. Masalah Sistem Pengapian
Ada kalanya busi Vespa menjadi mudah mati karena masalah pengapian yang tidak maksimal. Untuk memperbaiki masalah tersebut, sebaiknya cek dulu koil, kondensor, dan platina. Biasanya koil jarang rusak jika menggunakan yang asli, jadi jika Anda menggunakan versi bajakan bisa jadi ini merupakan pangkal masalahnya. Jika tidak, mungkin masalah terletak pada kondensornya yang rusak. Untuk mendeteksinya, biasanya kondensor yang rusak bakal menyebabkan mesin jadi tersendat-sendat.

5. Merawat Karburator
Karburator adalah suku bagian dari Vespa yang juga paling sering mengalami masalah. Jika tidak dirawat dengan baik maka bisa-bisa Anda akan kerepotan sendiri saat membawa Vespa Anda, terutama saat mogok dijalan. Sebaiknya saran saya minimal 1bln sekali dibersihkan menggunakan minyak tanah/bensin ingat(Jangan dibakar karbunya lurd wkwk) agar karbu tidak kotor,biasanya disebabkan komponen ini tersumbat.

6. Merawat Bodi
Kita semua tahu bahwa seluruh bodi Vespa tua terbuat dari besi. Tentu saja ini menjadi salah satu kelemahan Vespa karena menjadikannya sangat rentan dengan korosi/karat. Untuk mengatasi masalah tersebut, pastikan Anda selalu rutin membersihkan Vespa tua kesayangan Anda . Misalnya anda berkendara bersama vespa kesayangan dan hujan sebaiknya sudah sampai dirumah dicuci menggunakan air bersih karena air hujan bisa membuat si vespa karatan gunakan sabun khusus motor bukan (Shampo,Sabun Colek,Sambun Cuci Piring) .

7.Servis sebulan sekali di bengkel
Meskipun Anda telah melakukan perawatan ringan secara rutin, namun sekali waktu bawalah motor Vespa tua milik Anda ke tangan ahlinya. Karena yg ahli udah pro lurd,servis ini bertujuan untuk si vespa dalam kondisi prima dan merawat mesin agar tidak senaknya saja dipakai tanpa memperhatikan kondisi vespa karena vespa tua butuh perawatan yg ektra dan kasih sayang dari majikan .


Sekian Tips ini semoga bermanfaat untuk yg membaca artikel ini, maaf atas kekurangan dari artikel saya ini (Baru anak baru yg so ngerti blog hehehe).

0 komentar:

Posting Komentar