Tips Ringan Untuk Si Vespa Kesayangan Anda
1. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi
Pastikan Anda menggunakan bahan
bakar bensin yang masuk dalam kategori oktan tinggi, seperti Pertamax
(Pertamina) atau Shell super untuk motor Vespa tua kesayangan Anda.
2. Gunakan oli samping berkualitas tinggi
Sama seperti bahan bakarnya, oli
samping untuk Vespa tua juga dianjurkan untuk menggunakan yang berkualitas (bahan
aditif) tinggi. Untuk memilih oli samping berkualitas bagus dan no bajakan
sebaiknya anda bertanya kepada montir langganan dan mengecek botol oli samping
yg anda akan beli untuk vespa kesayangan anda.
3. Ganti oli mesin 1 bulan sekali
Sejatinya oli mesin Vespa
dianjurkan untuk diganti 1 bulan sekali. Baik untuk kinerja mesin anda agar
lebih halus.
4. Merawat Busi
Inilah komponen yang paling
sering bermasalah pada motor Vespa tua. Gonta-ganti busi bakal jadi makanan
Anda sehari-hari jika Anda tidak memperhatikan komponen ini dengan baik.
Ada beberapa penyebab kenapa busi
Vespa sering bermasalah:
1. Kerak busi
Kenapa ada kerak ? Biasanya kerak
busi disebabkan oleh kesalahan dalam memilih oli samping dan kombinasi bahan
bakar yang kurang tepat. Ingat Vespa itu kendaraan 2 tak, jadi bensin yang
dibakarnya mengandung banyak oli. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya
Anda rajin memeriksa keadaan busi anda.
2. Masalah Sistem Pengapian
Ada kalanya busi Vespa menjadi
mudah mati karena masalah pengapian yang tidak maksimal. Untuk memperbaiki
masalah tersebut, sebaiknya cek dulu koil, kondensor, dan platina. Biasanya
koil jarang rusak jika menggunakan yang asli, jadi jika Anda menggunakan versi
bajakan bisa jadi ini merupakan pangkal masalahnya. Jika tidak, mungkin masalah
terletak pada kondensornya yang rusak. Untuk mendeteksinya, biasanya kondensor
yang rusak bakal menyebabkan mesin jadi tersendat-sendat.
5. Merawat Karburator
Karburator adalah suku bagian
dari Vespa yang juga paling sering mengalami masalah. Jika tidak dirawat dengan
baik maka bisa-bisa Anda akan kerepotan sendiri saat membawa Vespa Anda,
terutama saat mogok dijalan. Sebaiknya saran saya minimal 1bln sekali dibersihkan
menggunakan minyak tanah/bensin ingat(Jangan dibakar karbunya lurd wkwk) agar
karbu tidak kotor,biasanya disebabkan komponen ini tersumbat.
6. Merawat Bodi
Kita semua tahu bahwa seluruh
bodi Vespa tua terbuat dari besi. Tentu saja ini menjadi salah satu kelemahan
Vespa karena menjadikannya sangat rentan dengan korosi/karat. Untuk mengatasi
masalah tersebut, pastikan Anda selalu rutin membersihkan Vespa tua kesayangan
Anda . Misalnya anda berkendara bersama vespa kesayangan dan hujan sebaiknya
sudah sampai dirumah dicuci menggunakan air bersih karena air hujan bisa
membuat si vespa karatan gunakan sabun khusus motor bukan (Shampo,Sabun
Colek,Sambun Cuci Piring) .
7.Servis sebulan sekali di bengkel
Meskipun Anda telah melakukan
perawatan ringan secara rutin, namun sekali waktu bawalah motor Vespa tua milik
Anda ke tangan ahlinya. Karena yg ahli udah pro lurd,servis ini bertujuan untuk
si vespa dalam kondisi prima dan merawat mesin agar tidak senaknya saja dipakai
tanpa memperhatikan kondisi vespa karena vespa tua butuh perawatan yg ektra dan
kasih sayang dari majikan .
Sekian Tips ini semoga bermanfaat
untuk yg membaca artikel ini, maaf atas kekurangan dari artikel saya ini (Baru
anak baru yg so ngerti blog hehehe).
0 komentar:
Posting Komentar